Waspada Terhadap Pembengkakan Kelenjar Getah Bening, Inilah Cara Mengatasinya

Di dalam tubuh ada banyak kelenjar, salah satunya yaitu kelenjar getah bening. Banyak orang yang tak mengerti tentang kelenjar getah bening dan manfaatnya bagi tubuh kita. Kelenjar getah bening adalah gumpalan jaringan yang berukuran setara dengan biji kacang dan sebagai tempat kuplnya sel darah putih. Manfaatnya bagi tubuh adalah menyaring limfatik supaya bisa menghentikan penyebaran dan perkembangan bakteri ke seluruh tubuh.

Tapi jika kelenjar getah bening ini membengkak tak karuan lalu muncul benjolan pada tubuh, berarti terdapat gangguan kesehatan. Biasanya pembengkakan kelenjar getah bening terjadi pada leher, ketiak, bawah dagu, pangkal paha dan sekitar telinga. Bengkaknya kelenjar getah bening disebabkan karena infeksi ringan seperti, infeksi telinga, abses gigi, flu, amandel, radang infeksi kulit dan lainnya. Atau bisa juga karena penyakit kanker dan auto imun. Inilah cara alami sembuhkan pembengkakan kelenjar getah bening!

Bawang putih mempunyai kandungan zat anti inflamasi dan anti mikroba. Sehingga, ampuh mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening. Caranya, tumbuk bawang putih sampai halus, kemudian balurkan di area tubuh yang mengalami pembengkakan sembari dipijat secara perlahan. Lakukan setiap hari sampai bengkaknya hilang.

Kompres menggunakan air hangat

Air hangat dapat melunakkan jaringan kulit dan melancarkan peredaran darah. Jadi, dengan mengompres air hangat ke area tubuh yang mengalami pembengkakan kelenjar getah bening tentu bisa menghilangkan benjolannya. Jika peredaran darah lancar, maka sel darah tidak akan menggumpal pada benjolan kelenjar getah bening.

Memanfaatkan madu

Semua sudah tahu tentang manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan tubuh pastinya. Nah, madu juga bisa meredakan pembengkakan kelenjar getah bening, sebab di dalamnya terkandung zat anti inflamasi. Caranya, cukup minumlah madu secara rutin dan oleskan pada kulit yang membengkak.

Menggunakan kunyit dan susu

Kombinasi kunyit dengan susu mengandung zat anti inflamasi, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi peradangan kelenjar getah bening. Caranya, ambil kunyit secukupnya kemudian haluskan. Peraslah ke dalam gelas yang berisi susu. Nah, minumlah ramuan itu setiap hari hingga pembengkakan hilang.

Ketahui ciri-ciri kelenjar getah bening yang berbahaya. Walaupun paradangan dapat sembuh dengan sendirinya, tapi ternyata ada beberapa kondisi yang harus diwaspadai, karena bisa membawa penderitanya kepada kematian. Ciri-ciri pembengakakan yang berbahaya adalah :

  • Tidak merasakan sakit pada benjolan, tapi ketika ditekan akan terasa keras dan semakin membesar.
  • Pembengkakan muncul saat tubuh sedang sehat bugar atau tanpa sebab.
  • Pembengkakan atau peradangan sudah berlangsung lebih dari 2 minggu.
  • Pembengkakan yang disertai dengan demam yang tak kunjung sembuh.
  • Mengalami penurunan berat badan saat benjolan itu ada.
  • Juga disertai dengan sakit pada tenggorokan yang parah.
Apabila mengalami kondisi tersebut, jangan abaikan bisa jadi menjadi tanda awal penyakit serius. Segeralah periksakan ke dokter agar memperoleh penanganan yang tepat.

Subscribe to receive free email updates: